Menara Miring Juga Ada di Australia

Senin, 21 Desember 2015 - 16:25 WIB
Menara Miring Juga Ada...
Menara Miring Juga Ada di Australia
A A A
AUSTRALIA - Menara Miring Pisa ternyata tidak hanya terdapat di Kota Pisa, Italia, namun juga dapat Anda temui di Australia. Dengan nama Menara Miring Gingin, menara ini terletak sejauh 91 km dari kota Perth.

Dilansir dari situs resminya, menara Miring Gingin dipakai sebagai sebuah bangunan ilmu pengetahuan. Menara tersebut berdiri setinggi 45 meter dengan kemiringan mencapai 15 derajat.

Untuk menjaga menara tetap kokoh, menara Miring Gingin ditahan dengan menggunakan pondasi beton seberat 180 ton. Terletak di kompleks Pusat Penelitian Gravitasi Kota Gingin, Australia Barat, gedung ini dipakai untuk melakukan riset tentang gravitasi, kosmologi, hingga aneka materi tentang tata surya.

Kabarnya menara ini dibangun berdasarkan percobaan ilmuan Galileo Galilei pada 400 tahun silam. Dalam percobaannya, Galileo ingin mencari tahu apakah dua benda yang dijatuhkan dari menara miring dengan jarak yang sama, bisa jatuh ke bumi dengan jarak yang sama pula.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan percobaan Galileo tersebut, pihak pengelola membebaskan wisatawan untuk melempar benda apa saja dari puncak menara ke bawah.

Terbuka untuk umum mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 16.00, wisatawan bisa mengunjungi menara Miring Gingin dengan tiket masuk sebesar AUSD 18 atau setara dengan Rp183 ribu untuk dewasa dan AUSD 12 atau Rp122 ribu.

Menariknya, menara Miring Gingin tidak hanya menyugukan ilmu pengetahuan mengenai gravitasi, namun juga aneka flora dan fauna yang eksotis.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)